SBY Membuat Sejumlah Kebijakan dan Program Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Buruh

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berbagi simpati dengan kaum buruh yang besok, Selasa (1/5), akan merayakan Hari Buruh Internasional. Presiden sendiri telah dan masih akan membuat sejumlah kebijakan dan program untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparringa, mengatakan hal ini di Jakarta, Senin (30/4) malam. "Peringatan Hari Buruh tahun ini menjadi sangat istimewa karena Presiden SBY membuat sejumlah keputusan strategis bagi peningkatan kesejahteraan buruh," kata Daniel.

Ketika meresmikan 20 unit Rumah Susun Sejahtera Sewa yang dibangun PT Jamsostek di kawasan industri Kabil, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pekan lalu, Presiden menyampaikan telah memerintahkan untuk membangun sejumlah rumah sakit yang didedikasikan bagi buruh dan keluarganya. "Mulai tahun depan rumah sakit pekerja dibangun di kota-kota dengan konsentrasi industri, seperti Tangerang, Bekasi, Surabaya, dan lainnya," Daniel menambahkan.

Dalam kesempatan di Batam tersebut, Presiden menyampakan telah meminta Menko Kesra, Menakertrans, Meneg BUMN, dan PT Jamsostek untuk mewujudkan pembangunan rumah sakit-rumah sakit bagi buruh. Rencana tersebut akan terselesaikan semua dalam 2,5 tahun ke depan.

Untuk kebutuhan tempat tinggal, pemerintah membangun rumah susun sewa yang terjangkau, layak, dan dekat dengan sentra-sentra industri. Pembangunan rusun sewa ini akan diperluas jangkauannya. Selain itu, Presiden juga membagikan 200 unit bus untuk mengakomodasikan keperluan transportasi buruh dari dan ke tempat kerja.

Pemerintah juga sedang memperjuangkan ke DPR agar batas penghasilan kena pajak dinaikkan dari sekitar Rp 1,32 juta per bulan menjadi Rp 2 juta. "Semua ini sangat penting bagi kesejahteraan buruh," Daniel menjelaskan.

Selain mengucapkan Selamat Hari Buruh, Presiden SBY akan menyimak pesan politik yang disuarakan dalam pawai buruh tahun ini. "Presiden berharap semua pawai akan berjalan tertib," ujar Daniel.

Editor: Safrizal

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply